Wisata Gunung Batok Beserta Legenda Didalamnya

gunung-batok-dan-legendanya

gunung batok dan legendanya

Gunung batok yang jaraknya begitu dekat dengan gunung bromo walaupun tidak sepopuler gunung bromo keindahan gunung ini tidak bisa dianggap sebelah mata, gunung batok yang masih berada di kawasan TNBTS memang sudah tidak aktif lagi. Meskipun gunung ini sudah mati pemandangannya sangat indah dan tidak kalah dengan gunung tetangganya diantaranya Semeru dan Bromo.

Info Wisata: open trip tour bromo

Tak beda dengan gunung – gunung lainnya yang berbentuk kerucut serta ditumbuhi tanaman hijau sehingga nampak memiliki warna hijau bila dilihat dari dekat atau pun jauh, yang berbeda dengan gunung lain yang memiliki warna abu – abu. Gunung batok juga memiliki keunikan, meskipun sudah tidak aktif kadangkala asap keluar dari gunung batok ini.

Di gunung batok ini anda juga bisa melihat sunrise seperti di puncak bromo yang juga di selimuti kabut tipis yang bisa menambah keindahan gunung ini.Untuk fasilitas yang terdapat di gunung batok memang belum selengkap bromo seperti peralatan hiking untuk mendaki.

Di gunung batok ini juga mempunyai cerita dan legenda tersendiri yang konon kabarnya gunung ini berasal dari batok kelapa dalam bahasa jawa: Batok (Tempurung kelapa).

Dan menurut legenda gunung ini berkaitan dengan kisah tentang cinta Joko Seger dan Roro Anteng. Yang dikisahkan ada seorang pembajak sakti dan jahat yang berniat dan menginginkan Roro Anteng. Tapi Roro Anteng secara sembunyi – sembunyi menolak keinginan pembajak yang jahat ini. Lalu Rara Anteng memberikan syarat kepada pembajak yang ingin mempersuntingnya agar membuatkan lautan di tengah gunung.

Dengan kesaktian yang dimilikinya (pembajak) ini membuat lautan yang hampir selesai dengan batok atau tempurung.
Karena khawatir pembajak tersebut bisa menyelesaikan syarat yang dia buat (Roro Anteng) mempunyai siasat dengan menumbuk padi pada malam itu yang menyebabkan ayam terbangun dan berkokok pada malam hari. Dan menyebabkan sang pembajak merasa gagal dalam menyelesaikan syarat yang dibuat Roro Anteng.

Karena marah pembajak ini melampiaskan kemarahannya dengan melempar tempurung atau batok ini disamping gunung bromo, dan keajaiban pun terjadi Batok kelapa tersebut telah menjadi sebuah gunung yang semakin membesar, yang sekarang ini lebih dikenal dengan gunung batok. itulah legenda turun temurun dari gunung batok yang dipercayai masyarakat sekitar.

Jika kalian berminat untuk berwisata ke gunung batok yang memiliki keunikan tersendiri dan memiliki legenda ini bisa mencoba paket wisata bromo terpercaya di Travellora tour.