Speaking: Mengajukan Pertanyaan Penguji

Bagaimana Jika Saya Tidak Memahami Pertanyaan?

IELTS Speaking – Sangat wajar untuk tidak dapat memahami beberapa pertanyaan yang mungkin diajukan penguji kepada Anda. Pikirkan tentang berapa kali sehari Anda harus meminta seseorang mengulang atau menjelaskan sesuatu dalam bahasa Anda sendiri.

Tes Berbicara seharusnya mewakili percakapan ‘normal’ antara dua orang dan itu benar-benar normal untuk dapat meminta orang yang Anda ajak bicara untuk klarifikasi jika Anda tidak mengerti. Namun, ada beberapa aturan yang harus Anda ikuti.
Tidak

Jangan bertanya pertanyaan pribadi pemeriksa atau pertanyaan tentang topik yang sedang dibahas. Tidak ada waktu untuk ini dan penguji mungkin akan mengabaikan pertanyaan Anda dan Anda mungkin tersinggung.
Jangan meminta pemeriksa menjelaskan apa arti keseluruhan kalimat. Anda dapat meminta mereka untuk menjelaskan apa arti SATU kata dalam sebuah kalimat, tetapi tidak lebih dari itu.
Jangan meminta penguji untuk mengubah pertanyaan jika Anda tidak memahaminya atau Anda tidak tahu banyak tentang topik tersebut. Usahakan selalu jawaban.
Jangan meminta penguji untuk mengulangi setiap pertanyaan.
Jangan meminta pemeriksa untuk menjelaskan satu kata untuk setiap pertanyaan. Gunakan ini hanya saat Anda benar-benar membutuhkannya.
Jangan menunggu pemeriksa membantu Anda. Mereka tidak akan kecuali Anda memintanya dan kemudian hanya sebanyak yang diizinkan.
Jangan hanya mengulangi pertanyaan untuk memberi Anda lebih banyak waktu untuk berpikir.

Dos

Mintalah penguji untuk mengulangi pertanyaan jika Anda tidak mengerti.
Mintalah penguji untuk menjelaskan arti satu kata jika Anda tidak mengetahuinya.
Usahakan jawaban untuk setiap pertanyaan. Lebih baik mencoba sesuatu daripada tidak sama sekali.
Gunakan beberapa frasa di bawah ini.

Bagaimana Saya Meminta Penguji?

Masalah yang dihadapi banyak siswa adalah tidak dapat bertanya kepada penguji dengan cara sopan yang juga menunjukkan kemampuan bahasa Inggris Anda.

Banyak yang hanya melihat pemeriksa dengan wajah bingung dan berharap pemeriksa tahu apa yang mereka pikirkan – mereka tidak bisa. Orang lain mungkin hanya mengulangi kalimat atau kata yang tidak mereka ketahui – pemeriksa tidak tahu apa yang Anda maksudkan ketika Anda melakukan ini dan tidak harus membantu Anda kecuali jika Anda secara spesifik bertanya kepada mereka. Hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah mengatakan ‘Apa?’ Atau ‘Hah?’; ini bukan hanya bahasa Inggris yang buruk, tetapi juga dianggap tidak sopan.

Di bawah ini adalah beberapa frasa yang tidak hanya sopan, tetapi juga menunjukkan tingkat bahasa Inggris yang cukup tinggi.

Anda harus memvariasikan frase ini jika Anda menggunakannya lebih dari sekali.
Meminta Penguji untuk Mengulang Pertanyaan

Maaf saya tidak cukup (menangkap / mendapatkan) itu, bisakah Anda mengatakannya lagi?
Bisakah Anda mengulangi pertanyaannya?
Maaf, bisakah Anda mengulang pertanyaannya?

Meminta Penguji Menjelaskan Suatu Kata

Saya minta maaf tapi saya tidak mengerti kata (X); bisakah kamu menjelaskannya padaku?
Saya agak bingung tentang kata (X); dapatkah Anda memberi tahu saya apa artinya?
Maaf, bisakah Anda menjelaskan apa artinya (X)?

Bagaimana Jika Saya Masih Tidak Mengerti?

Semua pertanyaan di Bagian 1 adalah tentang topik yang sudah dikenal sehingga sangat tidak mungkin Anda tidak akan bisa menjawabnya. Bagian 3 memiliki pertanyaan yang lebih abstrak, sehingga mungkin sedikit lebih sulit. Yang penting adalah Anda setidaknya mencoba beberapa jenis jawaban. Seringkali penguji akan mencoba menguji bahasa Inggris Anda hingga batas pada Bagian 3, jadi jangan khawatir jika beberapa pertanyaan tampak sangat sulit; mereka seharusnya.

Satu taktik yang dapat Anda gunakan jika Anda tidak memahami pertanyaannya adalah memberi diri Anda waktu ekstra untuk berpikir dan kemudian memberikan jawaban.

Ada tiga tahap untuk ini:

Pertanyaan parafrase
Beri tahu penguji bahwa Anda tidak benar-benar tahu jawabannya
Coba jawab

Sebagai contoh:

Pertanyaan: Bagaimana internet mengubah kebiasaan menonton TV di negara Anda?

Jawab: Apakah orang-orang menonton TV berbeda sekarang karena internet? Itu pertanyaan yang menarik, izinkan saya berpikir sejenak. Jika saya harus memberikan jawaban saya akan mengatakan …….
Mengutip Pertanyaan

Parafrase hanya mengatakan pertanyaan dengan cara yang berbeda, tetapi mempertahankan makna yang sama. Misalnya, Anda dapat ditanya, ‘Seberapa efektifkah transportasi umum di kota Anda?’ Dan Anda dapat menyebutnya ulang sebagai ‘Seberapa baguskah bus dan kereta api di sini?’

Ini tidak hanya memberi Anda waktu ekstra untuk berpikir, tetapi juga memberi tahu pemeriksa bahwa Anda tahu bagaimana memparafrase yang dapat meningkatkan skor Anda.

Sekali lagi, Anda tidak harus melakukan ini dengan setiap pertanyaan, tepat saat Anda perlu.
Beri tahu Penguji Anda Tidak Tahu

Penguji tidak mengharapkan Anda untuk mengetahui jawaban untuk setiap pertanyaan, tetapi mereka mengharapkan Anda untuk memberikan semacam jawaban. Benar-benar dapat diterima bagi Anda untuk memberi tahu mereka bahwa Anda tidak yakin tentang apa yang harus dikatakan dan memberi diri Anda waktu untuk berpikir.

Berikut adalah beberapa frasa yang dapat Anda gunakan untuk melakukan itu:

Itu pertanyaan yang sulit / menarik / rumit, biarkan saya berpikir sejenak.
Saya belum pernah memikirkan hal itu sebelumnya, tolong beri saya waktu sebentar.
Saya harus memikirkan hal itu selama beberapa detik.
Saya benar-benar tidak tahu, beri saya waktu sebentar.

Pemeriksa akan jauh lebih terkesan jika Anda jujur pada mereka dan memberi tahu mereka bahwa Anda tidak yakin daripada tidak mengatakan apa-apa atau tidak menjawab pertanyaan yang Anda tanyakan.

Anda juga tidak boleh berpikir lebih dari beberapa detik. Jika Anda tidak dapat memikirkan jawaban setelah beberapa detik, coba saja.
Mencoba sebuah Jawaban

Akhirnya, Anda harus memberikan semacam jawaban. Anda dapat memenuhi syarat ini dan memberi tahu penguji bahwa Anda tidak yakin dan itu hanya tebakan atau upaya jawaban dengan mengatakan salah satu dari frasa ini:

Jika saya harus mengatakan …
Dari atas kepala saya…..
Tanpa tahu terlalu banyak tentang topik ini, saya akan mengatakan ….
Jika saya dipaksa untuk mengatakan saya kira ……

Sekali lagi, hanya gunakan frasa ini jika benar-benar diperlukan.