Penyebab Mesin Genset Tidak Mengeluarkan Arus Listrik

Penyebab Mesin Genset Tidak Mengeluarkan Arus Listrik

Eragenset – Genset adalah pembangkit tenaga listrik yang cukup populer di Indonesia, tidak sekedar digunakan oleh masyarakat atas, genset pun banyak dipakai oleh masyarakat dari golongan menengah demi keuntungan pribadi, mengingat pemadaman listrik PLN bisa terjadi kapan saja.

Akan tetapi, bila sumber listrik dari genset tidak bisa mengeluarkan arus listrik, akan jadi pemborosan memiliki mesin genset di rumah. Maka dari itu, kamu harus tahu apa penyebab hal tersebut, karena bila kamu sudah mengenali masalahnya, maka kamu bisa memperbaikinya segera.

Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan tegangan listrik genset tidak kunjung keluar:

  1. Kabel Output Putus. Pada dasarnya mesin genset memiliki generator yang berperan sebagai penghasil arus listrik. Ada pun arus listrik yang geluar dari generator secara otomatis akan dialirkan langsung pada lubang stop kontak di mesin genset. Kendala yang kerapkali terjadi adalah kabel penghubung di antara generator serta stop kontak yang putus jadi menyebabkan listrik yang dikeluarkan oleh generator terhenti.
  2. Kapasitor Terbakar. Mesin genset yang memiliki kapasitas listrik kurang dari 2500 watt, umumnya hanya memiliki satu kapasitor yang memiliki fungsi sebagai pengatur arus litrik keluar dari genset. Bila pemakian listrik lebih dari kapasitasnya, maka kapasitor tersebut akan terbakar lalu meleleh.
  3. AVR Mati. AVR memiliki fungsi yang mirip dengan kapasitor yaitu untuk mengatur arus listrik yang keluar dari generator. Bedanya, AVR ini dimilik genset dengan kapasitas daya listrik lebih dari 2500 watt. Untuk mengetahui kinerja dari AVR di genset berfungsi dengan baik atau sebaliknya, kamu bisa mengeceknya sendiri dengan memakai alat yaitu multitester. Coba perhatikan dengan baik, satu demi satu komponennya.
  4. Generator Telah Terbakar. Generator adalah bagian penting pada genset. Generator ini terbuang dari material tembaga yang bisa saja terbakar terutama bila generator menempel di rotor dengan stator sehingga mengakibatkan konsleting. Kondisi ini hanya bisa terjadi jika bearing roto telah goyang atau karena terselipnya kotoran antara stator dengan rotor. Maka dari itu, rawat dengan baik mesin gensetmu.