Macam Metode Sterilisasi Yang Paling Banyak Dilakukan

Steriliasi merupakan satu hal yang wajib dilakukan di instansi pelayanan kesehatan seperti puskesmas, rumah sakit dan juga tempat sejenisnya. Tujuan sterilisasi itu sendiri bisa kita lihat pada devinisinya, yaitu menghilangkan mikro organisme patogen yang menemple pada satu benda. Proses sterilisasi dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, nah itulah yang akan kita bicarakan sesaat lagi.

macam metode sterilisasi

Macam Metode Steriliasi Alat – Alat Kesehatan

Seperti yang sudah kita singgung di atas, bahwa untuk melakukan sterilisasi ada beberapa metode yang ditempuh. Berikut ini beberapa metode yang dilakukan :

# Steam

Metode pertama, yang juga dikatakan sebagai metode paling efektif yaitu sterilisasi dengan cara steam atau dengan menggunakan uap panas. Metode ini menggunakan alat yang disebut dengan Autoclave. Alat ini sekarang sudah banyak dijual di pasaran. Banyak distributor Autoclave yang telah beroperasi di Indonesia untuk mensuplay ke rumah sakit dan klinik.

Jadi, alat – alat kesehatan dimasukkan ke dalam satu buah panci yang telah dilengkapi dengan sarangan. Di bagian bawah berisi air yang akan mendidih ketika alat autoclave dinyalakan. Proses sterilisasi dengan metode ini tidak berlangsung lama, hanya 15 menit. Namun alat harus standby pada tekanan tinggi dan suhu hingga ratusan drajat selsius untuk membunuh kuman hingga ke sporanya.

# Panas Kering

Metode ke dua yaitu sterilisasi menggunakan panas kering. Yaitu proses sterilisasi yang dilakukan dengan metode radiasi panas. Alat yang digunakan dalam metode ini yaitu sterilisator kering. Panas yang dipancarkan berupa energi infra merah dengan suhu tinggi. Metode ini cocok dilakukan untuk menstrilkan peralatan – peralatan medis yang terbuat dari bahan logam.

# Kimiawi

Proses sterilisasi dengan metode kimiawi pada dasarnya dilakukan sebelum disterilkan menggunakan metode steam atau panas kering. Sterilisasi secara kimiawi yaitu dengan menggunakan bahan – bahan kimia (zat kimia) yang bersifat desinfektan. Proses ini dilakukan untuk membersihkan kotoran – kotoran organik dan juga mikroba yang mudah dibersihkan.

Nah itulah beberapa metode sterilisasi yang paling sering digunakan dalam dunia medis. Namun sterilisasi itu senidiri tidak hanya dilakukan di dalam dunia medis. Ada banyak lagi contohnya seperti di bidang industri dan juga pertanian seperti untuk keperluan kultur jaringan.