Gambaran Singkat Sejarah Internet Banking Serta Dampaknya !

internet banking

Skagitbusinesspulse.com – Pada tahun 1980, Amerika dan Eropa melakukan penelitian untuk menemukan konsep Home banking, Yaitu bagaimana melakukan transaksi perbankan di rumah, Saat itu komputer belum begitu populer apalagi internet, jadi alat yang membantu penelitian tersebut adalah mesin fax serta telepon.

Baru pada tahun 1983, NSB singkatan dari Nottingham Building Society salah satu lembaga di Inggris meluncurkan layanan perbankan internet, konsepnya sama seperti internet banking. Namun hal ini tidak berkelanjutan sebab fiturnya belum bisa mengakomosasi semua kebutuhan pemilik rekening, seperti jumlah transaksi yang di batasi begitupun dengan fungsi dari pemilik rekening.

Walaupun tidak berlanjut, tetapi ini menjadi sebuah titik bagi sejarah perkembangan internet banking.
Akhirnya pada tahun 1994, internet banking mulai di perkenalkan di dunia oleh Amerika Serikat saat itu, yang oleh pengembangnya adalah Stanford Federal Credit Union. Walaupun awalnya mengalami perdebatan serta pro dan kontra. Tetapi ini adalah titik awal sebuah revolusi perbankan di dunia.

Di Indonesia sendiri, Internet banking pertama kali di jalankan secara masif oleh Bank BCA yaitu pada tahun 2001. Yang kemudian di ikuti oleh bank-bank lain di Indonesia. Saat ini perkembangan internet banking BCA sangat cepat, karena selain cara daftar internet banking BCA lewat hp yang mudah, juga di tunjang oleh beberapa kemudahan yang akan di dapatkan oleh nasabah, jadi tanpa berpikir panjang seseorang dapat mengajukan permohonan segera.

Berikut Manfaat Internet banking Terhadap Bank Juga Kepada Nasabahnya

Mereka yang memiliki internet banking, tentunya tidak perlu datang ke bank hanya untuk cek saldo atau untuk transfer semata. Mereka dapat melakukannya di rumah atau di mana saja.

Salah satu manfaat yang paling di rasakan oleh bank dengan adanyak internet banking adalah berkurangnya pekerjaan bagi karyawan bank khususnya bagian pelayanan.

Dengan begitu, bank telah menagani jutaan orang dalam satu waktu tapa perlu berhadapan langsung. Mungkin inilah juga sebabnya, beberapa bank atau pembiayaan melakukan perampingan terhadap karyawannya. Karena sebagian pekerjaan yang dulunya di lakukan oleh manusia, kini dapat di kerjakan oleh teknologi tadi, yaitu internet banking.

Penggunaan kertas, formulir, tinta, print, listrik dan sebagainya dari bank tentunya akan di istirahatkan karena para nasabah telah mengalihkan sebagian transaksinya pada internet banking. Dengan begitu bank telah mampu menekan biaya-biaya operasional ATK dan listrik. Bahkan sampai pada pembayaran gaji karyawan.

Demikianlah gambaran singkat perihal asal usul internet banking di dunia maupun di Indonesia serta beberapa manfaat serta dampaknya bagi lapangan pekerjaan.