Cara Membuat Sel Surya Yang Sederhana

Dengan mengfungsikan cuprous oxide sebagai pengganti silicon. Cuprous oxida atau oksida tembaga adalah satu dari material pertama yang sanggup menghasilkan pengaruh photoelectric yaitu pengaruh cahaya membuat adanya arus listrik yang mengalir di di dalam material. Bahan-bahan yang digunakan adalah sbb :

1.Selembar lempengan tembaga yang tidak tebal bersama ukuran lebih kurang 15cm x 30cm
2. jepit buaya
3.Micro amperemeter yg sensitive yang sanggup membaca antara 10 dan 50 microampere.
4.Kompor listrik bersama kekuatan besar 1100 Watt (pake kompor gas pun bisa)
5.Botol plastik besar atau sanggup terhitung mengfungsikan botol air mineral 2 liter yangdipotong atasnya. Gelas dgn mulut yang besar terhitung sanggup digunakan.
6.Garam dapur, diperlukan sebagian sendok makan garam dapur.
7.Air kran
8.Kertas amplas atau sikat kawat
9.Gunting untuk memotong lembaran tidak tebal tembaga

Cara membuatnya adalah sbb :

1. Potong lempengan tembaga bersama ukuran sebesar pemanas tungku kompor listrik.Cuci tangan untuk menghilangkan noda lemak di tangan. Kemudian cuci lembarantembaga tsb dgn sabun untuk menghilangkan noda-noda minyak atau lemak dipermukaannya. Gunakan kertas amplas atau sikat kawat untuk membersihkansepenuhnya permukaan lembaran tembaga agar noda sulfida atau sedikit korosidapat diangkat.

2.Tempatkan lempengan tembaga yang telah dibersihkan dan dikeringkan di atas tungku pemanas dan stel kompor listriknya pada angka yg tertinggi.

3. Pada saat lempengan tembaga jadi panas, akan muncul pola oksidasi yg indah yang jadi terbentuk. Warna orange, ungu dan merah jadi menutupi permukaan tembaga.

4. Pada saat lempengan tembaganya jadi panas, warnanya akan berubah jadi kehitaman yang merupakan lapisan cupric oxide atau oksida tembaga. Tetapi ini bukan oksida yang kita inginkan, menunjukkan warna merah, jingga, merah muda dan ungu dari oksida tembaga di bawah lapisannya. 5. Selanjutnya pola warna tsb akan menghilang sejalan dgn pemanas yg jadi merah membara

6. Ketika pemanas jadi merah membara, lempengan tembaga akan dilapisi bersama oksida tembaga hitam. Biarkan dipanasi sepanjang 1/2 jam agar lapisan hitamnya akan tambah tebal. Ini mutlak lapisan tidak tipis akan terkelupas bersama mudah, saat lapisan tidak tebal akan senantiasa nempel pada tembaga.

7. Setelah 1/2 jam pemanasan, matikan kompor. Biarkan lempengan tembaga panas di atas tungku mendingin perlahan-lahan. Bila mendinginkan benar-benar cepat, oksida hitam akan senantiasa nempel di tembaga. 8. Pada saat tembaga mendingin, maka ia akan menciut. Oksida tembaga hitam terhitung menciut, namun menciutnya pada rentang yang berbeda, membuat oksida tembaga hitamnya mengelupas.

9. Si Hitam kecil terkelupas muncul dari tembaga bersama type yg memadai untuk membuat mereka terbang {beberapa|sebagian|lebih dari satu} inchi. Ini berarti tambah kecil usaha pembersihannya di lebih kurang kompor, namun itu mengasyikkan untuk dilihat.

10. Ketika tembaga telah mendingin sesuai bersama temperature ruangan ( lebih kurang perlu saat 20 menit ), hampir {beberapa|sebagian|lebih dari satu} besar oksida hitam akan hilang. Gosok secara lembut bersama tangan di bawah air yg mengalir yang akan mengangkat {beberapa|sebagian|lebih dari satu} besar small bits. Jangan mengangkat semua bintik hitam bersama keras menggosok atau melenturkan lempengan tembaga tidak tebal ini. Ini bisa saja mengakibatkan kerusakan lapisan lembut oksida tembaga merah yang kita perlukan untuk membuat solar cell bekerja.

11. Pemasangan setelah itu adalah benar-benar simpel dan cepat. Potong lempengan tembaga lain yang ukurannya sama seperti yg pertama. Tekuk ke dua ujung perlahan, agar sanggup muat masuk ke di dalam botol plastik tanpa menyentuh satu sama lain. Lapisan oksida tembaga yg menghadap ke atas di atas tungku umumnya adalah sisi yg terbaik untuk menghadap ke luar di di dalam botol karena itu adalah permukaan yang terhalus dan terbersih.

12. Pasang 2 jepit buaya, satu untuk plat tembaga yg baru dan yg satunya untuk plat oksida tembaga. Hubungkan ujung dari plat tembaga bersih dgn terminal positif dari meter. Hubungkan ujung dari plat oksida tembaga dgn terminal negatif dari meter.

13. Sekarang campurkan sepasang sendok makan garam dapur ke di dalam air panas. Aduk air garam hingga garamnya larut. Kemudian bersama hati-hati tuangkan air garam ke di dalam botol, hati-hati jangan hingga ujung jepit buayanya basah. Air garam tidak harus menutupi plat, tinggalkan lebih kurang 1 inchi tinggi plat dari permukaan air garam tsb agar kita sanggup menggerakkann solar cell ke sekeliling tanpa membuat jepit buayanya basah.

Demikian sedikit informasi perihal Cara Membuat Sel Surya Sederhana. Semoga informasi tadi sanggup mengimbuhkan faedah dan terhitung ide bagi kita semua.
Kalian juga bisa membaca/Memasang Sel Surya/PJU Solar Cell,dengan mengklik kata kata tersebut