Mengenal Beberapa Macam Alat Kesehatan Di Ruang ICU

Kita mengetahui bahwa di rumah sakit atau klinik terdapat banyak ruangan – ruangan khusus. Ruangan ini juga memiliki fungsi khusus sesuai dengan pedoman penggunaanya. Salah satu ruangan yang ada di rumah sakit yaitu ruang ICU atau kepanjangan dari Intensive Care Unit.

Fungsi ruangan ICU yaitu untuk perawatan pasien dengan kondisi tertentu. Biasanya dalam kondisi kritis dan kesehatannya belum stabil. Oleh karena itu di dalam ruangan ini dibekali berbagai macam peralatan medis yang memadai untuk digunakan dalam penanganan pasien kritis.

Apa saja alat – alat yang terdapat di dalam ruangan ini ? Yuk kita simak bembahasannya di bawah ini.

Beberapa Contoh Alat Medis Di Ruang ICU

# Pasien Monitor

Alat ini tentu sangat dibutuhkan di dalam ruangan ini. Kondisi kesehatan yang belum stabil dan cenderung kritis membuat pasien harus selalu dipantau secara intensive. Namun karena keterbatasan kekuatan manusia, tetap saja tidak bisa maksimal. Oleh karena itu alat ini sangat bermanfaat sekali untuk menggantikan tugas tersebut.

Fungsi pasien monitor yaitu untuk memantau kondisi fisiologis pasien seperti kondisi grafik EKG, detak jantung, tekanan darah, SpO2 dan lain sebagainya. Alat ini juga dilengkapi dengan alarm yang akan berbunyi apabila terdapat hal yang tidak wajar pada pasien.

Harga pasien monitor ini cukup mahal, apalagi untuk merk – merk eropa. Namun demikian, bila kita melihat fungsi dan peranannya. Hara tidak menjadi soal. Keselamatan pasien dan pelayanan rumah sakit tentu jadi yang terpenting dalam hal ini.

# Alat Oksigenasi

Pasien dalam kondisi kritis pasti membutuhkan oksigen. Oleh sebab itu, peralatan oksigenasi sangat dibutuhkan di ruangan ini. Alat oksgenasi terdiri dri tabung osigen atau supply oksigen, selang oksigen dan masker oksigen. Biasanya di rumah sakit yang sudah berkembang. Tabung oksigen tidak lagi digunakan. Suply oksigen berada di satu tempat dan dialirkan ke ruangan melalui instalasi khusus sehingga mudah didapat.

# Infus Pump

Infus Pump memiliki fungsi yang sama dengan infus biasa, namun alat ini dijalankan secara elektronik dengan sistem yang dapat diatur laju tetesan cairan serta disesuaikan dengan dosis yang dibutuhkan. Dengan alat ini perawat tidak perlu memeriksa berulang apakah tetesan infus sudah pas atau belum.